Laptop Acer Swift 3 Ryzen 7, Performa Mantap Harga Masuk Akal

Sedang cari laptop harga terjangkau dengan fitur lengkap dan peforma mantap? Laptop Acer Swift 3 bisa menjadi pilihan. Ada banyak varian untuk laptop Swift 3 dari Acer, salah satunya adalah seri SF314-41 yang menggunakan AMD Ryzen 7 2700U. Laptop seri ini dibanderol dengan harga Rp10.999.000 atau tidak jauh dari kompetitornya yaitu ASUS ZenBook Flip 14 yang juga memiliki versi Ryzen.

Dari segi tampilan luar, Acer Swift 3 Ryzen mengusung model minimalis. Ada 3 warna pilihan yaitu silver, biru muda, dan pink. Semuanya hadir dengan nuansa metalik dan aksen guratan logam. Dari sisi visual, tidak ada yang unik atau mencolok mata. Banyak juga laptop seri lain yang memiliki warna seperti ini. Dengan bodi yang kokoh, laptop ini terbilang cukup ringan. Beratnya hanya 1,19kg dengan ketebalan 15,95 mm. Bodi yang cukup ringkas tersebut membuatnya sangat portabel. 

Lalu, bagaimanakah detail spesifikasi dan performa Acer Swift 3 dengan harga tersebut? Simak review lengkapnya berikut ini.

Performa Laptop Acer Swift 3

Kelebihan Laptop Acer Swift 3 tentu terletak dari segi performanya di mana dengan harga kurang dari 11 juta, laptop ini mampu mengerjakan banyak hal termasuk main game AAA seperti Far Cry 6 dan Forzan Horizon 5. Menggunakan prosesor AMD Ryzen terbaru, sudah pasti laptop ini bisa diandalkan, apalagi Acer Swift 3 dilengkapi dengan GPU Radeon Vega 10. Laptop ini juga dilengkapi memori penyimpanan SSD 128GB dan HDD 1TB, serta RAM 8GB. Sayangnya, RAM yang berjalan di dual-channel ini tidak bisa diupgrade.

Laptop Swift 3 Ryzen mendapat skor bagus dari uji PCMark 10 baik essential score maupun produc productivity skor. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa laptop Swift 3 mampu digunakan untuk berbagai macam tugas ringan dan menjalankan aplikasi Office dengan baik. Selain itu dilihat dari skor Digital Content Creation, laptop ini juga mampu mengolah berbagai macam konten digital seperti foto dan video dengan cukup baik.

Sementara itu, hasil uji render dari Cinebench R20 juga cukup bagus. Walaupun tidak menunjukkan hasil paling tinggi, laptop Acer ini mampu melakukan rendering dengan baik. Untuk multitasking ringan, tidak ada masalah sama sekali. Kamu bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus seperti mengetik, edit video ringan, edit gambar, browsing, mendengarkan musik, dan sebagainya secara bersamaan. Menariknya, walau dipakai multitasking, laptop tipis ini sama sekali tidak terasa panas.

Baca Juga :  Anti Lemot, 6 Laptop Lenovo Ryzen 5 Harga Terjangkau

Layar

Saat membuka laptop, kamu akan langsung disuguhi layar seluas 14 inci. Walaupun belum bisa dibuka satu tangan, layar milik Acer Swift 3 sangat fleksible untuk digunakan karena sudah bisa dibuka hingga 180 derajat. Bezel di bagian atas dan sisi kanan kirinya pun cukup tipis, walaupun bagian bawahnya masih relatif tebal. Rasio layar ke bodi mencapai 82,73% sehingga layar terasa cukup lebar.

Layar Acer Swift 3 memiliki viewing angle sangat lebar dan tidak buram jika dilihat dari samping. Hal ini karena panel IPS-level yang tersemat di dalamnya. Reproduksi warna mencapai 72% NTSC dengan tingkat kecerahan mencapai 250 nits. Layarnya sendiri berjenis anti-glare sehingga kamu tak perlu khawatir layar menjadi silau saat menggunakannya di luar ruangan pada siang hari.

Dengan spesifikasi layar seperti di atas, layar laptop ini tergolong memuaskan untuk penggunaan kasual. Tapi untuk kamu yang membutuhkan akurasi warna tinggi untuk edit foto dan video profesional, mungkin kamu harus mencari laptop dengan kualitas layar lebih tinggi.

Baterai

Untuk urusan baterai, Acer Swift 3 memiliki kapasitas baterai 48Wh. Acer mengklaim laptop ini bisa menyala 12 jam. Tentu hal ini tergantung dari aplikasi apa saja yang dibuka. Sebagai gambaran, hasil pengujian menunjukkan laptop dapat bertahan hampir 10 jam saat dipakai browsing, membuka dokumen, dan tersambung WiFi dengan tingkat kecerahan layar tinggi.

Sementar itu, dalam kondisi sleep dengan pemakaian on-off, laptop bisa bertahan 2 – 3 hari. Acer Swift 3 juga didukung pengisian baterai fast charging yang hanya memerlukan waktu 2 jam untuk membuatnya terisi penuh. Pengisian daya juga dapat dilakukan via port USB C.

Konektivitas dan Port

Mengingat desainnya cukup tipis, kelengkapan port Acer Swift 3 lebih terbatas. Di bagian kanan, hanya ada 3 port yaitu audio combo jack, USB 2.0 type A, dan Kensington lock. Sementara di sisi kiri, ada port USB 3.2 type A, port USB C untuk input Power Delivery, HDMI, dan DC-in untuk konektor charger.

Baca Juga :  [Lengkap] Review Laptop HP 14s-dq0508TU, Laptop Quad Core dan Fast Charging Murah di Tahun 2022!

Sebagian besar pengguna secara umum mungkin sudah merasa cukup dengan fitur konektivitas tersebut. Sayangnya, tidak ada slot kartu SD di mana bagian ini mungkin cukup krusial bagi beberapa pengguna termasuk mereka yang sering transfer data dari kamera atau perangkat lain.

Untuk keyboardnya, Acer Swift 3 memiliki keyboard yang nyaman dipakai karena sangat responsif dan relatif ringan. Sama dengan keyboardnya, touchpadnya juga nyaman dipakai. Ukurannya cukup besar dan sudah menggunakan Windows Precision Driver serta mendukung gestur multi-finger.

Fitur Lain

Webcam

Acer Swift 3 memiliki webcam beresolusi 720p dengan aspek rasio 16:9 yang diapit oleh dua mikrofon. Frame ratenya mentok di 30 fps. Dilihat dari spesifikasinya, webcam ini memang tergolong standar. Walaupun begitu, dengan pencahayaan bagus, webcam pada Acer Swift 3 menghasilkan gambar lumayan bagus. Sayangnya, detailnya biasa-biasa saja. Bisa dibilang, tidak ada yang menonjol dari fitur ini.

Audio

Di sektor audio, Acer Swift 3 menggunakan DTS Audio Processing untuk tuning output didukung teknologi Acer True Harmoni. Dengan dukungan software tersebut, kualitas suara yang keluar dari dua buah speakernya terbilang jernih. Acer True Harmoni menghasilkan distorsi suara lebih kecil, suara vocal lebih hidup, dan bass lebih mendalam.

Dengan teknologi Acer True Harmoni yang tersemat pada Acer Swift 3, mendengarkan musik dan menonton film terasa lebih mengasyikkan. Menariknya, laptop ini juga menggunakan asisten digital yaitu Cortana yang membantu pengguna mengoperasikan laptop melalui bantuan suara.

Sensor Fingerprint

Acer menyematkan fitur keamanan ekstra berupa sensor fingerprint Bio-Protection untuk seri Swift 3. Sensor sidik jari ini hadir dengan sistem keamanan tingkat tinggi yang berfungsi melindungi data pengguna. Untuk mengaktifkannya, kamu terlebih dahulu harus mendaftarkan sidik jari dengan cara mengakses software Bio-Protection. Kemudian, untuk membuka laptop kamu cukup menempelkan jari ke sensor fingerprint yang terletak di antara touchpad.

Kesimpulan

Sebagai laptop kelas menengah, Acer Swift 3 bisa jadi opsi terbaik bagi kamu yang mencari laptop bertenaga, awet, tipis, dan stylish. Pembelian laptop ini dilengkapi dengan bonus Microsoft Office sehingga kamu bisa mengemat pengeluaran sejutaan. Dilihat dari performa dan kelengkapan fiturnya, laptop Acer Swift 3 cocok untuk berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, profesional muda, hingga konten kreator.

Saya suka menulis. Kebetulan juga saya adalah sales laptop. Semoga info yang saya bagikan bermanfaat untuk semuanya..

Tinggalkan komentar