[Review] Laptop Lenovo Ideapad 330, Pelajar Mahasiswa Wajib Punya

Lenovo memang selalu memberikan gebrakan yang mengejutkan pada persaingan laptop kelas pelajar maupun mahasiswa, salah satunya dengan diluncurkannya Laptop Lenovo Ideapad 330. Pasar Indonesia memang didominasi pada market tersebut, dimana saat ini memiliki laptop merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung kegiatan akademik. COVID-19 dan munculnya Industri 4.0 mendorong kita untuk bergerak menuju seba digital.

Lenovo Ideapad 330 terlahir dengan pilihan performa yang beragam. Market yang menentukan performa seperti apa yang diinginkan dengan mempertimbangkan budget yang dimiliki. Mari kita intip spesifikasi laptop lenovo ideapad 330.

Laptop Lenovo Ideapad 330

Ukuran Laptop Lenovo Ideapad 330

Laptop ini belum mengusung desain slim modern yang sedang trend saat ini. Kami rasa memang lenovo mendesain laptop ini untuk pekerjaan sehari-hari yang mengharuskan perangkat ini memiliki sirkulasi udara yang memadai. Perangkat ini memiliki panjang 338.3 mm x lebar 249.9 mm x tebal 22.7 mm. Berat teringan laptop seri ini sebesar 2.1 Kg saja. Ideapad 330 juga dibekali layar sebesar 14 inch.

Prosesor Lenovo Ideapad 330

Pabrikan lenovo menyediakan 7 pilihan prosesor pada produk ini. Semua itu menjadikan market memiliki banyak pilihan peforma dan dapat menyesuaikan budget yang dimiliki. Performa terdendah pada seri ini mengusung prosesor pabrikan Intel yaitu Intel® Celeron® dual core N4000. Prosesor ini ditujukan pada pelajar yang baru pertama kali memilki laptop dan belum melakukan perkajaan berat seperti desain grafis maupun editing video. Performa prosesor jenis ini sudah mampu mengakomodasi kegiatan sepeti mengerjakan tugas dengan Ms. Word atau melakukan perhitungan dengan Ms. Excel.

Baca Juga :  Rekomendasi 6 Laptop Lenovo RAM 8 GB Beserta Harga Terbarunya

Sedangkan untuk Spesifikasi seri tertinggi Laptop Lenovo Ideapad 330 ini sudah mengusung prosesor Intel® Quad Core i7-8550U Generasi 8. Tentu saja kita semua tahu bagaimana performa prosesor Core i7 generasi ke 8 ini. Bagi pengguna tingkat lanjut spek laptop Lenovo Ideapad 330 dengan prosesor Core i7 ini cukup mumpuni untuk mengerjakan project-project seperti desain grafis yang membutuhkan performa tinggi.

Berikut ini prosesor yang disediakan pabrikan Lenovo pada seri Ideapad 330

Intel® Quad Core i7-8550UMax Boost Clock 4.0 GHz
Intel® Quad Core i5-8250UMax Boost Clock 3.4 GHz
Intel® Core i7-7500UMax Boost Clock 3.5 GHz
Intel® Core i5-7200UMax Boost Clock 3.1 GHz
Intel® Pentium® quad core N5000Max Boost Clock 2.7 GHz
Intel® Celeron® quad core N4100Max Boost Clock 2.4 GHz
Intel® Celeron® dual core N4000Max Boost Clock 2.6 GHz

Sistem Operasi

Laptop jenis ini tentu saja sudah sangat siap menggunakan OS Windows 10. Besar kemungkinan juga pabrikan lenovo sudah mempersiapkan Ideapad 330 untuk dapat menjalankan OS baru Windows 11.

Peforma Grafis

Selain pilihan prosesor yang cukup beragam, rupanya pabrikan lenovo juga menyediakan performa grafis yang beragam pula. Ini merupakan hal yang lumrah, karena perangkat grafis juga perlu menyesuaikan performa prosesor sehingga laptop dapat bekerja dengan baik. Terdapat 4 pilihan grafis yang dapat kita pilih. Tipe terendahnya menggunakan GPU Intel Graphic yang sudah terintegrasi pada prosesor. GPU jenis ini tidak disarankan untuk pekerjaan yang berat seperti bermain game atau desain bahkan rendering. Untuk tipe tertingginya Ideapad 330 mengusung GPU keluaran NVIDIA seri MX 130. Tentu saja performa jenis ini jauh lebih baik dibandingkan GPU Intel Graphic. Berikut ini 4 Pilihan GPU Lenovo Ideapad 330.

Baca Juga :  Review Laptop HP Spectre X360, Laptop Premium dan Canggih
NVIDIA MX 130Clock Speed GPU 1122 MHz
NVIDIA MX 110Clock Speed GPU 993 MHz
AMD Radeon™ 530Clock Speed GPU 1024 MHz
Intel GraphicsClock Speed GPU 667 MHz

RAM dan Storage Laptop Lenovo Ideapad 330

Laptop tangguh ini sudah dibekali RAM sebesar 4 GB, namun masih dapat diupgrade dengan maksimal total memory sebesar 16 GB. Memory yang digunakan juga sudah menggunakan teknologi terbaru yaitu memory DDR 4. Tentu saja memory dengan teknologi DDR4 memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan generasi – generasi sebelumnya.

Pada sisi penyimpanan Lenovo juga menyediakan pilihan yang beragam, berikut daftar konfigurasi penyempanan yang tersedia pada Lenono Ideapa 330.

128 GB SATA SSD
256 GB SATA SSD
500 GB SATA HDD
1 TB SATA HDD
2 TB SATA HDD
128 GB SATA SSD dan 1 TB SATA HDD
256 GB SATA SSD dan 1 TB SATA HDD

Fitur Ready

Sebagus apapun Laptop tentu tidak akan nyaman untuk digunakan apabila tidak memiliki fitur-fitur yang memadai. Untuk mengakomodasi itu semua lenovo sudah menyiapkan fitur – fitur standar seperti fast charging dan 6 jam life hours pada baterai. Tidak hanya itu saja berikut ini fitur yang siap untuk digunakan pada Ideapad 330.

WiFi dan Bluetooth 4.1
USB Type-C 3.0
Up to 2 x USB 3.0
HDMI
4-in-1 card reader (SD, SDHC, SDXC, MMC)
RJ-45 LAN
Audio jack

Kesimpulan

Itu tadi adalah pembahasan dari Laptop Lenovo Ideapad 330 yang memamang menyasar pangsa pasar Pelajar hingga Mahasiswa. Untuk pelajar SMP hingga SMA dapat menggunakan seri prosesor seri Pentium ataupun Celeron karena pekerjaan yang dilakukan sekedar mengetik, browsing di internet atau juga menonton film. Sedangkan untuk seri Core i5 dan Core i7 ditujukan pada mahasiswa yang memang biasanya menggunakan aplikasi – aplikasi berat.

Saya suka menulis. Kebetulan juga saya adalah sales laptop. Semoga info yang saya bagikan bermanfaat untuk semuanya..

Tinggalkan komentar