Laptop Dell e6400, Rp 1 Jutaan Murah Tapi Tidak Murahan!

Laptop Dell e6400 adalah salah satu seri laptop Dell Latitude yang saat ini masih banyak dicari orang. Walaupun tergolong kategori laptop yang sudah agak lama, tapi performanya tidak bisa dianggap enteng.

Laptop produksi perusahaan yang berasal dari Amerika satu ini dapat kamu jadikan alat komputasi sehari-hari, khususnya bagi kamu yang memiliki budget sangat terbatas. Laptop dengan layar 14.1 inci ini sudah bisa dibawa pulang dengan harga Rp 1 jutaan saja.

Lalu, bagaimana performa, fitur dan hal penting lain yang bisa ditemui pada laptop yang sudah dilengkapi dengan port HDMI tersebut? Silahkan langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut.

Laptop Dell e6400

Desain dan Layar Laptop Dell e6400

Seperti yang telah disinggung di atas, Dell Latitude e6400 memiliki bentang layar seluas 14.1 inci. Resolusinya adalah 1440 x 900. Ini tergolong ke dalam resolusi HD dan cukup bagus untuk menampilkan teks, gambar dan video di layar. Sebagai perbandingan, laptop mainstream model baru sekarang, umumnya mempunyai resolusi layar 1366×768 piksel. Bahkan kalau dilihat, resolusi layar Dell e6400 sedikit lebih tinggi.

Ilustrasi Laptop Dell e6400. Foto: OLX. Edited by KKlaptop.com
Ilustrasi Laptop Dell e6400. Foto: OLX. Edited by KKlaptop.com

Pada bagian kiri, kanan, depan dan belakang terdapat port USB, DVD-RW, colokan VGA out, slot microphone & earphone, HDMI, SD card reader, dan port LAN. Termasuk lengkap untuk konektivitasnya, apalagi pada laptop dengan bobot lebih kurang 1,9 kg ini sudah dilengkapi dengan Wifi dan Bluetooth sebagai konektivitas wireless-nya.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Dell Vostro 14 5468, Laptop Canggih dengan i5-7200U

Laptop ini memang sedikit agak tebal, tapi tentunya itu tidak akan menjadi masalah kalau laptop jarang dibawa keluar rumah. Coba bandingkan dengan membeli PC desktop, dengan budget Rp 1 jutaan, Dell e6400 ini sudah pasti lebih praktis, murah dan lengkap.

Performa Laptop Dell Latitute e6400

Dell e6400 dibekali dengan prosesor Intel Core 2 Duo P8400 yang mempunyai base frequency 2,26 GHz. CPU ini bisa dibilang lumayan kencang untuk kegiatan komputasi ringan seperti browsing, edit foto, olah dokumen dengan program MS Office, bahkan bisa untuk editing video menggunakan program tidak terlalu berat seperti AVS Video Editor.

Di sektor RAM, kapasitas bawaannya adalah sebesar 2GB tipe DDR3, tapi kalau misalnya kamu mencari di marketplace, ada beberapa yang menjual dengan kondisi RAM sudah diupgrade menjadi 4GB.

Lalu di sektor penyimpanan, dibekali dengan HDD berkapasitas 160GB. Saya berasumsi jika HDD diganti dengan SSD atau eMMC, pasti kinerjanya akan meningkat 2 kali lipat lebih kencang.

Pada sektor graphics, laptop Dell satu ini mengusung NVIDIA Quadro NVS 160M. Jadi, dari sisi GPU termasuk bagus dan cukup bisa diandalkan tentunya.

Untukn sistem operasi sendiri, Dell e6400 sudah dibekali dengan Windows 7 bawaan pabriknya. Ini tentu saja adalah kabar baik bagi pencinta OS Windows 7, yang diketahui sampai saat ini masih banyak orang yang suka dengan OS Windows lawas tersebut. Diantara alasannya adalah karena Windows 7 memiliki tingkat kompatibilitas yang tinggi dengan hampir semua program-program Windows yang ada.

Spesifikasi Laptop Dell e6400

Dell Latitude e6400 sangat cocok digunakan untuk kegiatan komputasi tidak berat sehari-hari. Hal itu karena spesifikasi dari laptop ini seperti yang bisa dilihat pada tabel berikut.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Laptop Acer V5471G yang Wajib Kalian Ketahui

[supsystic-tables id=26]

Kelebihan dan kekurangan laptop Dell Latitude e6400

Bagi kamu yang tertarik dengan laptop Dell e6400, silahkan cek terlebih dahulu di bawah ini apa sajakah kelebihan serta kekurangan yang akan kamu temukan kalau nanti membeli unit ini.

Kelebihan:

  1. Harga tergolong murah Rp 1,6 jutaan saja.
  2. Performa termasuk bagus untuk laptop harga Rp 1 jutaan.
  3. Konektivitas cukup lengkap.

Kekurangan:

  1. Bentuk bodi mungkin kelihatan agak sedikit tebal, tapi tentu tidak masalah kalau laptopnya tidak untuk dibawa bepergian.

Kesimpulan

Laptop Dell e6400 termasuk ke dalam kategori laptop yang ‘berumur’ dan sudah tentu sudah tidak ada barang baru yang dijual. Kalau budget kamu terbatas di rentang Rp 1,6 jutaan, Dell Latitude e6400 ini bisa kamu pilih.

Secara umum performanya tidaklah mengecewakan, apalagi yang varian sudah dilengkapi VGA dedicated NVIDIA Quadro NVS 160M Graphics.

Jika kamu berencana membeli laptop Dell e6400 di marketplace, saran saya tanyakan dulu sejelas-jelasnya soal garansi, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan di kemudian hari. Tanyakan juga hal-hal penting lain yang sekiranya perlu untuk ditanyakan, misalnya mengenai aplikasi apakah sudah termasuk atau belum, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Saya suka menulis. Kebetulan juga saya adalah sales laptop. Semoga info yang saya bagikan bermanfaat untuk semuanya..

Tinggalkan komentar