3 Cara Mematikan Laptop Asus, Hindari Yang Nomor Tiga

Buat kamu yang baru membeli laptop Asus dan bingung bagaimana cara mematikan setelah dipakai, kamu bisa menggunakan 3 cara mematikan laptop Asus yang akan dibahas dalam tulisan ini. Jadi, nanti kamu bisa memilih salah satu yang dianggap mudah dan praktis dan sesuai dengan situasi.

Tiga metode yang akan dijabarkan berikut, berlaku untuk semua laptop Asus yang berjalan dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows 10, serta yang terbaru saat ini Windows 11 di tahun 2022. Sementara untuk Windows 8 dan 8.1, cara dan langkah-langkahnya sedikit berbeda. Hal itu disebabkan oleh dari segi tampilan dan ikon, Sistem Operasi Windows 8 dan Windows 8.1 sangat jauh berbeda dengan Windows 7 dan 10.

Secara umum, metode-metode yang akan dijelaskan berikut ini dapat diterapkan pada laptop konvensional dan juga pada laptop atau notebook Asus touchscreen.

1. Menggunakan tombol START

Metode ini adalah yang umum dipakai oleh pengguna laptop. Cara ini adalah dengan:

  • Klik ikon WINDOWS yang biasanya berada di pojok kiri bawah layar laptop. Cara lainnya adalah dengan menekan tombol Windows pada keyboard.
  • Pilih ikon daya atau Power
  • Klik lagi tulisan ‘shutdown‘, maka laptop kemudian akan mati.

Silahkan lihat gambar berikut ini yang menunjukkan letak dan posisi ikon Windows dan ikon Power pada sistem operasi Windows 10 dan yang paling baru, Windows 11.

Tampilan Ikon Windows dan Power pada Windows 10 dan Windows 11 untuk mematikan laptop Asus
Tampilan Ikon Windows dan Power pada Windows 10 dan Windows 11 untuk mematikan laptop Asus

Cara pertama yang ditunjukkan di atas hanya bisa dipakai kalau laptop Asus berada dalam kondisi normal. Bagaimana kalau laptopnya dalam keadaan error atau hang? Kamu bisa mencoba metode yang ketiga di bawah ini.

Baca Juga :  Begini Cara Menyalakan Laptop Asus Jika Tombol Power Rusak

2. Dengan kombinasi tombol ALT + F4

Pilihan kedua untuk men-shutdown laptop berikut adalah yang paling cepat dan praktis menurut saya, karena kamu hanya perlu melakukan 2 ‘aksi’ saja. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke dalam mode desktop, yaitu dengan memencet Tombol Windows + D atau dengan mengklik garis kecil pada bagian paling kanan bawah pada taskbar.
  • Klik OK dan laptop akan mulai shutdown. Kamu juga bisa langsung dengan memencet tombol ENTER sebagai pengganti Klik OK tersebut.

Jika saat kamu memencet tombol ALT + F4 tidak muncul opsi shutdown, solusinya cukup mudah, yaitu mengklik satu kali pada area kosong di desktop (bebas di mana saja selain pada ikon aplikasi).

3. Mematikan laptop Asus dengan tombol Power

Cara ketiga ini tidak disarankan untuk dilakukan dengan sering, karena dapat mengganggu ‘kesehatan’ laptop dari sisi software, karena sejatinya, mematikan laptop dengan tombol Power ini adalah mematikan laptop secara paksa. Diantara masalah-masalah yang dapat timbul karena terlalu sering menggunakan tombol power untuk mematikan laptop adalah:

  • Akan menyebabkan HDD cepat rusak (kalau tipe laptop kamu masih pakai HDD)
  • Beberapa aplikasi atau program bisa saja error
  • Windows mungkin akan mengalami apa yang disebut dengan blue screen, yakni kondisi dimana ketika laptop dinyalakan, yang muncul hanya layar berwarna biru yang disertai dengan tulisan Error atau sejenisnya.

Saya menyarankan agar menggunakan metode tombol Power ini hanya ketika laptop sedang bermasalah, misalnya ketika lagi nge-hang, lagi macet atau mengalami error yang lain.

Berikut caranya:

  • Cari tombol Power laptop Asus, untuk model terbaru biasanya terdapat pada bagian paling kanan atas tombol keyboard.
  • Tekan dan tahan selama lebih kurang 10 detik atau sampai layar dan laptopnya mati.
Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Asus Vivobook 14 A416EAO Dengan Core i5, RAM 4/8GB

Itulah 3 cara mematikan laptop Asus yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan situasi. Metode 1 dan 2 untuk kondisi laptop normal, sementara yang nomor 3 sebagai cara mematikan laptop asus yang macet atau mengalami error. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk semua.

FAQ – Pertanyaan dan Jawaban

1 – Pertanyaan: Langkah-langkah mematikan laptop Asus?
Jawaban: Langkah yang paling cepat adalah dengan menekan tombol ALT + F4, lalu OK atau ENTER, maka laptop akan mulai shutdown.

2 – Pertanyaan: Pencet apa untuk mematikan laptop?
Jawaban: Dalam kondisi normal, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol ALT + F4, namun apabila dalam kondisi hang atau error, kamu bisa menggunakan opsi menekan tombol Power selama lebih kurang 10 detik sampai layar dan laptop mati.

3 – Pertanyaan: Bagaimana cara mematikan laptop yang benar?
Jawaban: Prosedur mematikan laptop yang aman adalah: Pertama dengan menutup semua program yang sedang berjalan, lalu memencet tombol Windows pada keyboard, kemudian klik pada ikon Power dan pilih Shutdown.

4 – Pertanyaan: Bagaimana cara mematikan laptop Asus yang tidak bisa di shutdown?
Jawaban: Cari Tombol Power, lalu tekan dan tahan selama lebih kurang sepuluh detik sampai laptopnya mati.

5 – Pertanyaan: Apakah boleh mematikan laptop dengan tombol Power?
Jawaban: Boleh, asalkan laptop dalam kondisi bermasalah seperti hang atau mengalami error yang lain. SANGAT TIDAK DISARANKAN untuk mematikan laptop dengan tombol Power dalam kondisi normal, karena hal itu akan bisa merusak program, software bahkan Sistem Operasi Windows itu sendiri.

Saya suka menulis. Kebetulan juga saya adalah sales laptop. Semoga info yang saya bagikan bermanfaat untuk semuanya..

Tinggalkan komentar