45++ Tipe Laptop Asus Berdasarkan Pengguna, Prosesor, Layar dan Tahun Rilis

Asus bisa dibilang adalah salah satu brand laptop yang lumayan sukses di Indonesia. Pada tahun 2021, Asus mencatat market share laptop untuk pasar Indonesia sebesar 43% dan itu berarti adalah yang tertinggi. Oleh karenanya, Asus pun menjadi laptop nomor 1 untuk pasar Indonesia, khususnya tahun lalu.

Asus sendiri memiliki banyak sekali jenis laptop yang dilempar ke pasar. Untuk di Indonesia, tipe laptop Asus yang beredar tersebut bisa kelompokkan menjadi 4 kategori utama, yaitu: berdasarkan pengguna, prosesor yang dipakai, harga, ukuran layar dan waktu laptop tersebut diproduksi dan dipasarkan.

Tipe laptop Asus berdasarkan profesi pengguna

Beda model laptop, maka biasanya berbeda pula segmen pasar yang dibidik. Sebagai contoh, untuk pelajar, laptop yang pas untuk mereka pakai adalah yang standar. Standar dalam arti prosesor tidak terlalu ‘wah’, Kapasitas RAM dan storage juga biasa saja dan memang hanya cocok dipakai untuk kegiatan komputasi ringan seperti mengerjakan tugas di aplikasi Office, browsing, meeting zoom dan sebagainya.

Sementara itu, mahasiswa atau pekerja kantoran, spesifikasi laptop yang dibutuhkan lebih kurang sama dengan pelajar seperti yang telah disebutkan itu. Berikut beberapa model laptop Asus yang pas untuk pelajar, mahasiswa (secara umum), karyawan kantoran dan untuk komputasi ringan:

[supsystic-tables id=1]

 

Lain lagi kalau pengguna laptop adalah seorang desainer grafis atau untuk video editing, maka spek laptop yang dibutuhkan lebih tinggi dan harganya biasanya juga lebih mahal. Hal itu wajar menurut saya, karena performa yang didapatkan jauh lebih bagus daripada laptop standar atau entry level.

Beberapa tipe laptop Asus yang cocok untuk para kreator atau untuk desain grafis:

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Laptop Asus BR1100CKA, Cocok Untuk Pelajar dan Mahasiswa

[supsystic-tables id=2]

 

Sementara itu, kebutuhan seorang gamer akan sebuah laptop, mungkin adalah yang paling memerlukan spesifikasi yang tinggi, baik itu spek RAM, Prosesor, Kartu grafis maupun layar, sebab seperti diketahui, untuk menjalankan sebuah game dengan lancar dan smooth di laptop, memang memerlukan resources yang mumpuni.

Laptop Asus ROG untuk para gamers - image via Asus.com
Laptop Asus ROG untuk para gamers – image via Asus.com

Seri dan tipe laptop Asus yang biasanya cocok dipakai main game adalah:

[supsystic-tables id=3]

 

Tipe laptop Asus berdasarkan jenis Prosesor

Untuk laptop merk Asus yang beredar di pasar Indonesia, hanya ada dua macam prosesor yang dibenamkan ke dalam laptop sebagai otaknya, yaitu Prosesor Intel dan AMD. Dua brand prosesor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti prosesor Intel yang diklaim mempunyai keunggulan lebih hemat energi, atau prosesor AMD yang konon memiliki harga yang lebih bersahabat.

Tipe laptop Asus dengan prosesor AMD Rayzen - Image via Asus.com
Tipe laptop Asus dengan prosesor AMD Rayzen – Image via Asus.com

Berikut ini adalah beberapa tipe laptop merk Asus yang mempunyai prosesor Intel. Diurutkan mulai dari prosesor paling rendah sampai ke yang paling tinggi.

[supsystic-tables id=4]

 

Di lain pihak, laptop Asus yang di dalamnya ditanamkan prosesor jenis AMD adalah seperti yang terlihat pada list berikut, diurutkan dari prosesor paling bawah sampai ke yang tinggi:

[supsystic-tables id=5]

 

Tipe laptop Asus berdasarkan ukuran dan resolusi layar

Layar laptop bisa dikatakan salah satu komponen yang sangat penting juga untuk diperhatikan dalam memilih sebuah laptop. Di pasaran, laptop Asus biasanya memiliki resolusi layar 1366 x 768 piksel yang terendah, kemudian ada pula yang beresolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dan terakhir layar yang sudah beresolusi tinggi yakni 4K Ultra HD 3840 x 2160 piksel.

Semakin tinggi resolusi sebuah layar laptop, maka akan semakin halus pula gambar atau grafis yang dihasilkan, dan seiring dengan itu, harga biasanya juga semakin mahal. Di balik itu, menurut pendapat sebagian pakar laptop, resolusi layar yang tinggi juga akan meningkatkan konsumsi daya dari laptop bersangkutan, sebab semakin banyak piksel layar yang harus ‘dihidupkan’.

Baca Juga :  4 Tipe Laptop Asus Yang Banyak Diminati 2022

Nah, selain bisa dikelompokkan berdasarkan profil pengguna dan jenis prosesor, laptop Asus bisa pula dibagi berdasarkan ukuran layar dari laptop itu sendiri. Berikut adalah beberapa jenis laptop Asus berdasarkan ukuran layar:

[supsystic-tables id=6]

 

Tipe laptop Asus berdasarkan tahun rilis

Hampir semua produsen laptop akan selalu memperbaharui produk mereka. Biasanya akan diselaraskan dengan perkembangan teknologi prosesor dan beberapa faktor lain seperti perkembangan Sistem Operasi dan lain-lain.

Begitu pula dengan Asus, setiap tahun, atau paling kurang 6 bulan sekali, mereka akan memproduksi dan memasarkan tipe laptop baru ke konsumen.

Asus model terbaru BR1100FKA. Image via Asus.com
Asus model terbaru BR1100FKA. Image via Asus.com

Soal tipe laptop, produk Asus bisa dikelompokkan pula berdasarkan tahun produksi atau kapan satu tipe laptop dilempar ke pasar. Berikut tipe-tipenya berdasarkan tahun rilis:

[supsystic-tables id=7]

 

Sebagai informasi tambahan, beberapa jenis laptop Asus tipe lama, seperti tipe X553MA-SX824D, mungkin saja masih tersedia stok barunya di marketplace tertentu, karena tidak menutup kemungkinan masih ada toko yang masih menyimpan, apakah karena belum laku atau alasan lainnya.

Harga laptop tipe lama biasanya sudah turun dari harga pertama kali dirilis ke pasar, tapi ada satu kekurangan laptop tipe lama yang perlu dicatat, salah satunya adalah mungkin kinerjanya jauh di bawah ekspektasi. Hal itu disebabkan oleh teknologi yang terdapat pada laptop Asus versi lama, secara hardware, masih menggunakan teknologi yang belum semaju sekarang ini.

Contoh kecilnya adalah dari sisi teknologi RAM, model lama biasanya masih menggunakan RAM tipe DDR3 atau DDR3L, sedangkan teknologi di tahun 2022 ini sudah hampir semuanya menggunakan RAM tipe DDR4 yang lebih bagus kinerjanya dan juga hemat daya.

Nah, itulah tipe-tipe laptop Asus yang jumlahnya lebih dari 45++ jenis. Dn jika saat ini kamu sedang mencari laptop yang cocok untuk dibeli, silahkan pilih tipe laptop yang kiranya pas dan sesuai dengan kebutuhan.

Saya suka menulis. Kebetulan juga saya adalah sales laptop. Semoga info yang saya bagikan bermanfaat untuk semuanya..

Tinggalkan komentar