Butuh DVD±RW? Pilih Saja Tipe Laptop Asus Core i3 Harga 4 Jutaan Ini!

Seperti diketahui, hampir semua vendor laptop saat ini sudah tidak lagi menyediakan drive DVD±RW di dalam produk mereka, alasannya adalah karena fasilitas DVD tersebut sudah jarang digunakan oleh mayoritas pengguna laptop. Tapi tahukah kamu? Ternyata masih banyak para konsumen laptop yang menginginkan fitur DVD ada di laptop mereka! Memang satu kenyataan yang bisa dibilang sebuah paradoks.

Lalu, apakah masih ada pilihan buat calon pembeli yang membutuhkan fitur DVD pada laptop yang akan mereka beli? Jawabannya: Ada. Pilih saja tipe laptop Asus core i3 generasi ke-6 Asus VivoBook X441UA-WX095D, yang saya lihat di beberapa marketplace dibanderol dengan harga cukup murah untuk kelas laptop berprosesor Intel Core i3, yaitu sekitar Rp 4,5 jutaan saja.

Asus Tipe X441UA-WX095D
Asus Tipe X441UA-WX095D

Laptop Asus satu ini tentu pas sekali bagi konsumen yang menginginkan performa lumayan bagus, tapi disisi lain juga menyediakan fasilitas DVD±RW yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk keperluan seperti burning DVD, menginstal driver printer misalnya, dan berbagai keperluan lain yang berhubungan dengan keping DVD.

Seperti apa spesifikasi, performa dan fitur-fitur yang disediakan oleh Asus untuk produknya yang satu ini? Silahkan lihat ulasan lengkapnya berikut.

Spesifikasi Laptop Asus Tipe X441UA-WX095D

Seperti yang telah disinggung di atas, laptop Asus ini sudah membenamkan prosesor Intel Core i3-6006U sebagai otaknya. Tipe prosesor ini diketahui memiliki keunggulan dari segi konsumsi daya yang relatif lebih kecil. Itu bisa dilihat dari huruf “U” di belakang kode prosesornya tersebut. Selain hemat daya, prosesor ini tentu lebih baik dari prosesor generasi sebelumnya, Intel Core i3 generasi 5 dan generasi 4.

Baca Juga :  Spesifikasi Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC, Cocok Untuk Content Creator Dengan Ryzen 5

Prosesor Intel Core i3-6006U merupakan CPU yang sudah memakai teknologi 14nm (baca nanometer) yang memang terkenal akan konsumsi dayanya yang rendah, di mana untuk TDP-nya hanya 15 Watt saja. Buat kamu yang belum tahu apa itu TDP, dilansir dari situs resmi Intel, disebutkan bahwa “Thermal Design Power (TDP) merepresentasikan daya rata-rata, dalam watt, yang dikeluarkan prosesor saat beroperasi pada Frekuensi Dasar dengan semua core aktif di bawah beban kerja dengan kompleksitas tinggi yang ditetapkan Intel.”

RAM sebagai komponen pendukung prosesor, pada Asus X441UA adalah sebesar 4GB. Kapasitas RAM seperti itu sudah cukup bagus untuk menjalankan berbagai program komputer yang sering digunakan oleh orang awam. Kalau masih kurang, kapasitas RAM tersebut masih bisa ditingkatkan, karena tipe slot RAM-nya tersebut bukanlah yang tipe yang disatukan langsung dengan motherboard, melainkan jenis yang bisa dicopot. Jadi, kalau ingin meningkatkan kapasitas RAM pada laptop Asus X441UA-WX095D, cabut yang 4GB dan gantilah dengan yang lebih besar, maksimal 12GB.

Beralih ke bagian layar, Asus seri X441UA ini memiliki lebar 14 inci dengan resolusi bisa dibilang sudah cukup bagus dan tampilannya lumayan halus, yakni 1366×768 piksel. Sebagai informasi tambahan, resolusi layar sebesar itu termasuk standar untuk saat ini untuk sebuah laptop, bahkan di tahun 2022 ini. Di bawah 1366×768 piksel masih ada da resolusi layar 1024×800 piksel, meskipun sudah jarang ditemukan di pasaran. Untuk urusan GPU yang akan memproses tampilan di layar, Asus X441UA ini dibekali dengan jenis GPU standar yaitu Intel HD Graphics.

Fasilitas lain yang tersedia pada laptop dengan tampilan warna silver ini adalah webcam, Wifi, USB type-C, USB 3.0, USB 2.0 dan lain-lain. Selengkapnya silahkan lihat pada tabel di bawah ini.

Baca Juga :  94 Tipe Laptop Asus Windows 11 Terbaru 2022

[supsystic-tables id=8]

Kelebihan dan Kekurangan Asus X441UA-WX095D

Kelebihan:

  • Harga relatif murah.
  • Terdapat DVD±RW yang bagi sebagian pengguna masih membutuhkan fasilitas ini.
  • Sudah ada port USB Type-C yang terbilang masih baru.
  • RAM bisa diupgrade sampai 12GB.

Kekurangan:

Tampilan mungkin akan kelihatan sedikit ‘gemuk’ atau sedikit tebal dari laptop yang lebih baru.
Bobotnya mungkin agak sedikit berat yakni 1,7 kg, tapi hal itu tidak akan jadi masalah kalau laptopnya jarang dibawa bepergian alias lebih banyak ‘didiamkan’ di rumah.

Demikianlah ulasan mengenai salah satu tipe laptop Asus Core i3 yakni tipe X441UA-WX095D. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu yang saat ini sedang mencari referensi sebelum melakukan pembelian.

Saya suka menulis. Kebetulan juga saya adalah sales laptop. Semoga info yang saya bagikan bermanfaat untuk semuanya..

Tinggalkan komentar