Cara Menggunakan USB Wi-Fi Adapter yang Tepat

Cara menggunakan USB Wi-Fi Adapter – Wireless Wi-Fi adapter merupakan alat tambahan yang dipakai di laptop, komputer, serta device lainnya. Wi-Fi USB ini memiliki fungsi untuk mengkoneksikan dan menaikkan kecepatan jaringan Wi-Fi dan performanya.

Pada device yang tidak disertai kartu Wi-Fi built in, alat ini terbilang cukup penting karena dapat memudahkan kamu dalam terkoneksi pada Wi-Fi dengan kecepatan yang cukup tinggi. Selain itu juga dapat menikmati gaming maupun streaming sepuasnya tanpa ada risiko ngelag. Meskipun begitu, untuk device yang terdapat kartu Wi-Fi bawaan juga bisa dipasang USB Wi-Fi.

Adapter satu ini dapat meningkatkan kecepatan Wi-Fi dan menggantikan komponen yang sudah ada. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi rumah tangga yang memiliki banyak perangkat. Misalnya seperti konsol game, komputer, tablet, laptop, hingga device smart home system.

Cara Menggunakan USB Wi-Fi Adapter dengan Tepat

Perangkat yang terbilang sangat mudah dipakai dan diatur. Dari beberapa modelnya, kamu hanya harus melakukannya pada port USB, kemudian secara otomatis proses instalasi akan berjalan.

Dengan otomatis, driver pengaturan internal akan memulai jalannya proses instalasi dan secara otomatis software tersebut akan terunduh sendiri. bahkan bisa saja melakukan perizinan dahulu terhadap OS device. Kamu hanya harus mengklik tombol OK.

Proses yang dijalaninya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, tergantung dari ukuran dan jenis perangkat. Selanjutnya, kamu bisa terkoneksi ke jaringan Wi-Fi dan sudah bisa menikmatinya dengan kecepatan tinggi dan koneksi yang lebih stabil.

Akan tetapi, ada juga jenis adapter yang tidak memakai sistem plug and play. Dalam situasi tersebut, kamu diharuskan untuk memakai disk instalasi. Sebab, masih banyak laptop yang tidak lagi mempunyai floppy disk drive, tentu hal itu merupakan suatu masalah.

Namun tidak perlu khawatir, apabila berada dalam kondisi seperti ini, kemungkinan kamu akan memperoleh kode instalasi. Di mana kode ini dapat dimasukkan ke website resmi dari merek terkait.

Rekomendasi adapter Wi-Fi USB terbaik

  • Enboard 1200Mbps

Bagi pemakai biasa ataupun pemakai yang sangat membutuhkan konektivitas terbaik, produk yang satu ini dijamin akan memenuhi berbagai macam kebutuhanmu. Tidak hanya mencegah dari adanya lag dan freeze pada saat streaming, kamu tentunya bisa menikmati kompatibilitas yang luas dengan antena Wi-Fi yang dilapisi tembaga yang sangat awet.

Baca Juga :  Apa yang Dimaksud dengan Range Dalam Excel?

Hal itu pastinya menawarkan performa dan keandalan yang luar biasa. Karena adanya nirkabel datamu dijamin tetap aman. Sehingga kamu tidak perlu takut lagi ketika hendak mengakses informasi yang bersifat rahasia dan berharga.

  • Blueshadow 600Mbps

Jika ingin Wi-Fi dengan teknologi dual-band dan memiliki kecepatan yang tinggi, Blueshadow 600 Mbps cocok untuk kamu pilih. Kelebihan yang dimilikinya yaitu perangkat kompatibilitasnya cukup luas, ukurannya minimalis, serta desain datarnya dapat digeser secara rapi tanpa harus tersangkut dengan benda apapun. Tidak hanya itu, dengan memakai ini datamu sangat terjamin keamanannya.

  • NETGEAR AC600 Dual Band

Produk yang cukup populer di dunia teknologi internet ini menyajikan kecepatan yang mencapai 150 Mbps di 2,4 GHz, serta 430 Mbps di 5 GHz. Dual band ini sangat memungkinkan koneksi dengan kecepatan tinggi tanpa adanya gangguan jika dipakai pada beberapa perangkat di saat yang bersamaan. Dengan fitur Push N Connect berguna dalam melindungi datamu.

  • USBNOVEL 600 Mbps

Desain ramping dan ringkas yang dimilikinya sangat bermanfaat dalam menghindari berbagai risiko kerusakan ketika di perjalanan. Produk ini telah dilengkapi oleh teknologi dual dengan kecepatan 600 Mbps di 5 GHz. Daripada produk lainnya, produk ini bisa menyupport perangkat yang lebih banyak.

Cara menentukan adapter Wi-Fi terbaik

Setelah melihat rekomendasi Wi-Fi USB tersebut, tidak ada salahnya memperhatikan poin-poin berikut sebelum membeli adapter Wi-Fi.

  • Kecepatan

Adapter yang mempunyai fitur dual-band merupakan pilihan terbaik jika kamu ingin memakai koneksi yang konsisten dan tidak menemukan banyak masalah pada frekuensi yang sedang dipakai. Dengan memakai transmisi di 2,4 GHz dan 5 GHz, koneksimu terjamin akan tetap stabil.

Akan tetapi ada beberapa macam perangkat yang berbeda dengan yang lainnya. Apabila ingin menonton streaming game maupun film, Jaringan dengan kecepatan tinggi merupakan poin yang begitu penting. Namun, jika kebutuhan internetmu tidak tinggi, gunakanlah kecepatan yang lebih lambat, seperti 450 Mbps.

  • Enkripsi

Ketika membeli suatu perangkat, keamanan siber menjadi faktor yang wajib dipertimbangkan. Sebab, adapter tersebut membutuhkan akses untuk ke jaringanmu. Maka ia perlu dilengkapi oleh enskripsi yang terpercaya guna menghindari adanya penyusupan.

Baca Juga :  8+ Rekomendasi Laptop 4 Jutaan Terbaik dan Terbaru 2022

Adapter yang baik tentunya akan menganjurkan perlindungan tersebut dengan teknologi WPA. WPA ini dapat memblokir berbagai macam ancaman yang berbahaya. Dengan begitu, kamu tetap aman dalam melakukan aktivitas di internet. Namun apabila tidak disertai WPA, install terlebih dahulu driver pada komputer guna menambahkan perlindungan.

  • Kemudahan pemasangan dan pengaturan

Kini mayoritas adapter diciptakan dengan memiliki fitur plug n play simpel yang otomatis dapat dipakai sesudah kamu mencoloknya. Pada dasarnya proses tersebut sangat mudah, tetapi sebaiknya ketahuilah dahulu password dari router Wi-Fi beserta informasi lainnya. Hal ini guna menjamin koneksi dapat berjalan tanpa ada masalah. Apabila perangkatmu tidak mendukung fitur tersebut, gunakanlah disk instalasi seperti sebelumnya.

  • Kompatibilitas

Kompatibilitas ini berperan penting dalam fleksibilitas di berbagai macam platform serta sistem operasi. Umumnya, kamu menginginkan adapter terhubung dengan Mac dan Windows, namun itu hanya berlaku saat sedang memakai desktop atau laptop.

Untuk yang suka bermain game, pilihlah adapter yang kompatibelnya dengan PlayStation dan Xbox. Entah itu konsol generasi sekarang ataupun generasi selanjutnya. Dengan begitu, tidak perlu takut lagi dengan koneksi yang lambat.

  • Jangkauan

Tangkapan sinyal yang terbilang kuat, sangat cocok untuk suatu rumah tangga yang di dalamnya terdapat banyak anggota keluarga yang memakai banyak perangkat dengan bersamaan. Jika berada di posisi yang jauh dari Wi-Fi, fitur ini bisa menghindari kita dari freezing, buffering, dan delay.

  • Garansi

Garansi adalah hal wajib yang harus diperhatikan ketika membeli produk manapun. Apalagi Adapter Wi-Fi ini berkaitan erat dengan kegiatan sehari-hari, seperti meeting, belajar, maupun kegiatan lainnya yang dilakukan secara online. Maka dari itu, garansi berperan penting guna menjamin performa yang konsisten dalam berbagai kebutuhan bermain internet.

Akan tetapi, terdapat berbagai jenis garansi yang perlu kamu pertimbangkan. Beda halnya dengan peralatan dan perangkat elektronik lainnya, kemungkinan besar kamu tidak akan mendapatkan garansi dengan durasi waktu yang lama.

Untuk penggantinya, garansi yang diterima yaitu sekitar satu hingga 2 bulan saja untuk menguji coba adapter Wi-Fi yang baru. Jadi segeralah lakukan uji coba pada adaptor, sehingga kamu bisa menggantikannya dengan produk baru, bahkan meminta uang kembali.

Begitulah informasi mengenai cara menggunakan USB Wi-Fi Adapter beserta rekomendasi dan cara memilihnya dengan tepat. Semoga bermanfaat.

Saya suka menulis. Kebetulan juga saya adalah sales laptop. Semoga info yang saya bagikan bermanfaat untuk semuanya..

Tinggalkan komentar