Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Engsel Laptop Patah

Engsel laptop patah menjadi salah satu masalah yang akan sangat mengganggu pekerjaan. Jika tidak segera diperbaiki, maka mereka pasti menjadi kerusakan yang lebih serius. Artikel ini akan membahas tentang beberapa penyebab dan cara mengatasinya. Jadi, jangan tunda untuk menyimaknya ya!

Penyebab Engsel Laptop Patah

Laptop adalah salah satu barang elektronik berharga yang sudah dimiliki banyak orang untuk memudahkan dalam mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan. Barang ini bisa digunakan kapan saja dan di mana saja karena bentuknya yang portabel dibandingkan komputer.

Ada pula banyak komponen yang dimiliki oleh laptop, seperti layar, keyboard, mouse pad, VGA, hard disk, hingga engsel. Perlu Anda ketahui engsel ini adalah komponen yang berguna untuk memudahkan aktivitas membuka dan menutup laptop.

Lokasi mereka ada di bagian depan keyboard, bawah layar, atau perbatasan antara layar dan keyboard. Laptop terdiri dari dua engsel, yaitu pada bagian kanan dan kiri.

Komponen ini bisa mengalami kerusakan dan itu akan mengganggu pekerjaan Anda. Kerusakan yang mungkin terjadi adalah berkarat hingga patah. Artikel ini akan membahas tentang apa saja penyebab engsel laptop yang patah hingga cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum mengapa engsel patah, antara lain:

Kualitas Material yang Tidak Bagus

Sebuah laptop yang mempunyai desain bagus belum menjamin bahwa mereka juga menggunakan bahan atau material yang berkualitas pula. Ini menjadi salah satu penyebab mengapa engsel mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memilih dan membeli laptop, maka periksa terlebih dahulu secara keseluruhan termasuk bagian engsel. Hal ini dikarenakan engsel sendiri menjadi salah satu komponen yang akan sering bergerak atau bekerja.

Membuka Laptop dari Ujung Layar

Penyebab mengapa engsel laptop patah yang selanjutnya adalah membuka laptop dari bagian ujung layar. Ini seringkali dilakukan secara tanpa sadar oleh pengguna dan menjadi kebiasaan yang buruk karena pasti menyebabkan kerusakan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Baterai Laptop Dicharge 0 Terus

Mengapa bisa demikian? Laptop akan mendapatkan tekanan di satu bagian saja sehingga gaya dorongnya tidak seimbang. Ini menjadikan engsel harus melakukan pekerjaan yang keras.

Seperti yang diketahui bahwa engsel mempunyai bagian kanan dan kiri. Maka dari itu, agar lebih ringan, Anda harus mengangkat layar dari dua sisi atau tengah layar.  Kesalahan ini tidak hanya akan merusak engsel saja, tetapi layar yang bisa retak hingga pecah.

Menutup Layar dengan Keras

Tidak sedikit pengguna yang menutup layar laptop dengan keras bahkan sampai engsel mengeluarkan bunyi “klek”. Ini adalah kebiasaan buruk yang perlu dihindari karena tidak akan menyebabkan kerusakan pada engsel, tetapi juga layar.

Masalah akan semakin parah jika Anda menutup layar secara kasar dengan keberadaan suatu benda di atas keyboard. Secara otomatis, layar akan rusak dan engsel pun menjadi rusak atau patah.

Maka dari itu, cara terbaik adalah tutup laptop secara perlahan dan pastikan tidak ada benda yang terselip di atas keyboard.

Membuka Layar Terlalu Lebar

Penyebab selanjutnya adalah membuka layar laptop terlalu lebar. Perlu diketahui bahwa engsel laptop mempunyai batasan tersendiri mengenai lebar gerakannya. Ada beberapa laptop yang mempunyai kemampuan untuk menggunakan engsel 100% atau melakukan putaran hingga 180 derajat.

Namun, jika laptop Anda tidak mempunyai fitur itu, maka jangan coba-coba untuk membuka layar lebar-lebar.

Gunakan engsel sebaik mungkin agar mereka tidak mengalami kerusakan sehingga Anda harus mengeluarkan budget guna memperbaiki masalah tersebut.

Laptop Terbanting atau Terbentur

Kondisi laptop terbanting menjadi masalah yang bisa sangat serius karena menyebabkan banyak kerusakan termasuk bagian engsel laptop patah. Ketika laptop terbanting atau terbentur pada bagian engsel ini, maka ia akan rusak atau patah apalagi benturannya cukup keras. Beberapa komponen yang lain mungkin rusak adalah layar dan HDD.

Guna mencegah hal tersebut, Anda harus memperlakukan laptop dengan baik dan menyimpannya di tempat aman. Jauhkan dari jangkauan anak-anak yang belum memahami bahwa laptop adalah salah satu alat elektronik penting dan berharga.

Letakkan di tempat yang tidak panas maupun lembap agar laptop bisa tetap bagus dan bertahan lebih lama. Jangan terbiasa membawa laptop dengan cara dijinjing karena berpotensi untuk terbentuk. Sebaiknya masukkan mereka ke dalam tas.

Laptop Tertimpa Benda Berat

Memang laptop tidak boleh ditimpa oleh benda berat karena mereka termasuk alat elektronik yang mudah pecah dan rusak. Hal ini juga bisa merusak engsel yang harus menahan beban berat.

Baca Juga :  5+ Rekomendasi Laptop Windows 10 Terbaik Yang Handal 2022

Terdapat kasus yang hampir sama, yaitu meletakkan laptop dalam tas yang penuh sehingga mereka harus saling berhimpitan. Selain engsel, kasus ini juga akan merusak beberapa bagian laptop yang lainnya.

Membuka dan Menutup Layar dalam Jangka Waktu Lama

Terdapat engsel laptop yang terbuat dari baja sehingga ketika dibuka atau ditutup dalam jangka waktu lama, maka akan mengalami korosi atau berkarat sehingga pergerakannya akan semakin sulit.

Guna menghindari hal tersebut, seringlah membersihkan laptop dan buka maupun tutup mereka secara berkala agar engsel tidak berkarat.

Ini telah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang yang merasa akan menggunakan laptopnya dan lupa untuk menutupnya kembali. Biasanya dilakukan oleh orang kantoran hingga pekerja paruh waktu atau freelancer.

Cara Mengatasi Engsel Laptop Patah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kerusakan pada engsel akan sangat mengganggu bahkan bisa mengalami kerusakan serius pada komponen laptop lainnya. Berikut ini adalah pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi engsel patah yang bisa Anda coba kerjakan, yaitu:

Siapkan Alat-alat nya

Langkah pertama adalah siapkan alat yang akan digunakan untuk memperbaiki masalah ini. Beberapa alat yang Anda perlukan adalah obeng plus dan obeng minus, solder paku diameter 3 mm, tang kecil, baut serta mur.

Deteksi Kerusakan

Sebelum memperbaiki engsel laptop patah, Anda harus mendeteksi kerusakannya terlebih dahulu. Jika yang rusak ada pada dudukan engsel atau tempat baut pada casing laptop pesan, maka Anda harus mengganti komponen tersebut.

Namun, jika dudukannya masih bisa digunakan, maka Anda hanya membutuhkan lem yang kuat untuk mengembalikan engsel seperti sedia kala. Adapun kondisi di mana dudukan sudah hilang atau rusak dan ini perlu proses membuka dudukan untuk menempatkan baut engsel pada casing.

Disarankan untuk menggunakan lem khusus plastik atau las plastik untuk memastikan mereka bekerja dengan kuat karena engsel sendiri akan selalu digunakan.

Bawa ke Teknisi Laptop

Memperbaiki laptop adalah hal  yang cukup susah sehingga jika dirasa tidak bisa memperbaikinya secara mandiri, Anda bisa membawa mereka ke profesional untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

Ini akan memperkecil risiko terjadinya kerusakan akibat salah jalan sehingga Anda harus mengeluarkan lebih banyak dana.

Mengerjakan suatu pekerjaan, jika perangkatnya tidak bekerja dengan baik pasti akan tidak nyaman. Salah satu masalah yang bisa dihadapi oleh seseorang adalah engsel laptop patah karena beberapa penyebab. Anda harus segera memperbaikinya jika tidak ingin laptop mengalami kerusakan yang lebih serius.

Saya suka menulis. Kebetulan juga saya adalah sales laptop. Semoga info yang saya bagikan bermanfaat untuk semuanya..

Tinggalkan komentar