Review Laptop Dell XPS 15: Performa Hebat dengan Layar OLED 4K

Para desainer dan insinyur pabrikan Dell bekerja keras membuat laptop Dell XPS 15 untuk bisa menjadi laptop dengan bezel tipis yang ideal. Ketika laptop ini ditutup, penampilannya cukup sederhana, tutup logam serta chassis XPS 15 memberikan profil yang tegas. Jika kita tidak menyukai warna Platinum Silver dari Dell, kita bisa memilih Frost White, yang memberikan tampilan lebih Elegant pada XPS 15, namun tetap terlihat bergaya dan tidak terlalu mencolok.

Review Laptop Dell XPS 15: Performa Hebat dengan Layar OLED 4K

Spesifikasi Laptop Dell XPS 15

Laptop Dell XPS 15 merupakan saudara besar dari ultraportabel Dell XPS 13 yang terkenal, Dell XPS 15 dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-12700H generasi ke-12 dan GPU Nvidia GeForce RTX 3050 Ti. Dilengkapi dengan 16GB memori DDR5 dan solid-state drive 512GB, dan layar oled 3.5 K.

Laptop Dell XPS 15

Jika kita menginginkan alternatif spesifikasi lain yang sesuai dengan budget, Dell juga menyediakan XPS 15 dalam varian prosesor core i5. Model tersebut dilengkapi dengan prosesor Core i5-12500H, grafis terintegrasi Intel, RAM 8GB, SSD 512GB, dan layar IPS 1.920 x 1.200 piksel non-touch. Jika kita menginginkan spesifikasi yang terbaik, Dell juga menyediakan alternatif dengan prosesor Intel Core i9-12900HK, kartu grafis RTX 3050 Ti, memori 64GB, penyimpanan solid-state 2TB, dan layar sentuh IPS 4K (catatan, bukan OLED).

Processor Intel Core i7-12700H
Processor Speed 2.3 GHz
RAM (as Tested) 16 GB
Boot Drive Type SSD
Boot Drive Capacity (as Tested) 512 GB
Screen Size 15.6 inches
Native Display Resolution 3456 x 2160
Touch Screen Yes
Panel Technology OLED
Variable Refresh Support None
Screen Refresh Rate 60 Hz
Graphics Processor Nvidia GeForce RTX 3050 Ti
Graphics Memory 4 GB
Wireless Networking Wi-Fi 6E
Dimensions (HWD) 0.73 x 13.6 x 9.1 inches
Weight 4.31 lbs
Operating System Windows 11
Tested Battery Life (Hours:Minutes) 12:47
Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Dell Vostro 14 5468, Laptop Canggih dengan i5-7200U

 

Desain Laptop Dell XPS 15

Ketika dibuka, layar OLED Laptop Dell XPS 15 menawarkan gambar edge-to-edge dengan bezel yang sangat tipis di sekelilingnya. Panel dengan rasio aspek 16:10 menawarkan resolusi 3.456 x 2.160 piksel, yang disebut Dell sebagai “3.5K”, untuk menunjukkan bahwa hampir sebanding dengan layar 16:9 dengan piksel hitung 4K (3.840 x 2.160). Panel 15,6 inci ini memiliki semua apa yang kita harapkan dari layar OLED, termasuk warna hitam yang sangat dalam, detail yang sangat tajam, dan warna yang hidup. Touchscreen sudah tersedia pada Laptop Dell XPS 15, meskipun Laptop ini masih meninggalkan sidik jari pada layarnya saat disentuh.

Keyboard dengan backlight dikelilingi oleh serat karbon sporty, sebagai elemen desain yang khas dari seri Dell XPS. Untuk sebuah laptop ramping dengan tombol datar, Laptop Dell XPS 15 menawarkan pengalaman mengetik yang cukup baik, dengan jarak penekanan yang cukup ergonomis dan rasa yang memuaskan. Meski tidak sebanding dengan keyboard mekanik standalone, namun cukup cocok untuk bekerja secara mobile. Ada speaker stereo di kedua sisi keyboard, yang tersembunyi di balik gril yang halus.

Konektivitas Laptop Dell XPS 15

Salah satu yang menjadi perhatian adalah Laptop Dell XPS 15 ini mungkin dianggap kurang pada pilihan portnya. Dengan tiga port USB-C (satu di antaranya USB 3.2, dan dua Thunderbolt 4) ditambah dengan slot kartu SD, XPS 15 secara teknis tidak memiliki kekurangan dalam kemampuan konektivitas. Laptop ini masih memiliki kemampuan fast charging seperti kebanyakan laptop modern lainya. Namun, kita mungkin akan merindukan port USB Type-A, Ethernet, atau HDMI yang tidak akan ditemui pada laptop ini.

Baca Juga :  Review Laptop Dell Latitude 3410, Keunggulan dan Harganya

Laptop Dell XPS 15

Slot kartu SD menjadi fitur yang umum diberbagai laptop, terutama bagi siapa saja yang akan memindahkan foto atau video dari kamera, tetapi mungkin tidak sepenting port HDMI atau port Ethernet yang juga tidak tersedia pada laptop ini. Untungnya, Dell menyertakan adapter USB-A dan Ethernet bersama laptop ini. Ini adalah satu-satunya kompromi dalam desain XPS 15 yang menghilangkan port HDMI dan Ethernet, dan itu adalah hal kecil. Tetapi tetap saja aksesori seperti adapter port harus kita bawa jika kita ingin menggunakan perangkat keras untuk perkerjaan sehari-hari. Koneksi nirkabel lebih fleksibel, dengan Wi-Fi 6E yang menawarkan kecepatan terbaik dan Bluetooth 5.2 memberi kita akses ke berbagai jenis perangkat keras dan headphone.

Ketika berbicara tentang menyelesaikan pekerjaan, cukup banyak laptop yang menawarkan perangkat keras dan fitur yang dapat mengolah angka maupun menangani beban kerja berat. Namun, Laptop Dell XPS 15 (9520) melakukannya dengan gaya, menggabungkan kinerja hampir setara workstation dengan desain yang elegan mudah digunakan saat bepergian dan siap mengatasi tuntutan yang beragam. Laptop ini adalah contoh model pengganti desktop modern yang sangat layak untuk dimiliki.

Saya suka menulis. Kebetulan juga saya adalah sales laptop. Semoga info yang saya bagikan bermanfaat untuk semuanya..

Tinggalkan komentar