Cara Ngitung Persen di Excel untuk Mempermudah Pengolahan Data

Cara ngitung persen di Excel bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pengolahan data juga seringkali tidak terlepas dari bentuk persentase. Mengonversi angka menjadi persentase membantu menampilkan data agar lebih mudah dipahami. Pesentase dihasilkan dari dua variabel yang dibandingkan.

Untuk memudahkan pengolahan atau penghitungan data yang dibutuhkan, Anda bisa menggunakan Microsoft Excel sebagai aplikasi untuk mengubah data Anda menjadi persentase. Excel sendiri merupakan aplikasi asuhan Microsoft yang sangat membantu dalam pengerjaan angka sehingga dapat dikerjakan lebih cepat dengan hasil yang akurat. Aplikasi ini menyediakan berbagai cara untuk menghitung persentase, tergantung kebutuhan dan bagaimana Anda hendak mengolahnya. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami penggunaan aplikasi ini karena terkesan ribet. Satu hal yang tidak diketahui banyak orang adalah bagaimana cara menghitung persentase tanpa kesulitan.

Sebagai perangkat lunak (software) atau aplikasi yang paling banyak digunakan dalam dunia kerja, Microsoft Excel biasanya dijadikan syarat wajib untuk diterima di perusahaan, instansi, atau industri tertentu. Seorang akuntan, analis data, dan seseorang di bagian pemasaran harus menguasai Excel karena berhubungan dengan tugas yang dikerjakannya sehari-hari. Misalnya Anda menggunakan Excel untuk menghitung pajak penjualan atas pembelian, persentase yang benar dalam sebuah ujian, persentase perubahan anatara dua nilai, dan lain sebagainya.

Mengenal Rumus Excel

Microsoft Excel sangat berkaitan erat dengan rumus. Rumus Excel mutlak harus dimiliki untuk menjalankan aplikasi ini. Sluruh rumus Excel harus dimulai atau diawali dengan tanda sama dengan (=).

Rumus Excel terbagi menjadi dua, yaitu rumus Formula dan rumus Fungsi. Rumus Formula adalah rumus Excel yang dimasukkan secara manual, seperti rumus “=C1+C2+C3” atau “D1/D2-D3”. Sedangkan rumus Fungsi adalah rumus yang sudah disediakan atau sudah terdapat template-nya pada Microsoft Excel, seperti “=SUM(A1:A7)” atau “=MAX(B1:B7)”

Untuk rumus persentase sendiri, Excel menggunakan rumus matematika dasar untuk menentukan nilai persentase tersebut. Perbedaannya terletak pada Anda tidak perlu menghitung sendiri angka atau data tersebut. Anda cukup memasukkan angka atau data yang hendak diolah. Secara otomatis Excel akan mengolahnya untuk Anda.

Baca Juga :  Cara Menggunakan USB Wi-Fi Adapter yang Tepat

Cara Mengaktifkan Fungsi Persentase di Excel

Sebelum Anda mulai menghitung persentase di Microsoft Excel, Anda harus mengubah pengaturan yang sudah ada sehingga angka sebagai persentase dapat muncul atau terlihat di lembar kerja (worksheet) Anda. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama-tama, buka dokumen Excel yang hendak Anda olah atau edit.
  2. Tentukan sel kotak, baris, ataupun kolom yang hendak diatur ke bentuk persentase dengan cara mengebloknya.
  3. Cari kelompok menu Number pada tab Home.
  4. Klik ikon pesentase (%) pada kolom menu tersebut dan angka-angka yang Anda pilih atau blok tadi akan langsung dikonversi ke format persentase.

Untuk cara cepatnya, Anda bisa menggunakan shorcut dengan menekan tombol Ctrl + Shift + % pada keyboard Anda. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan persentase pada Excel adalah sebagai berikut.

  1. Blok kotak, baris, atau kolom yang hendakAnda olah.
  2. Klik kanan lalu pilih Format Cells..
  3. Kemudian akan ada kotak yang muncul. Pada tab Numbering, pilih Persentage.
  4. Klik OK dan angka Anda akan terkonversi menjadi persentase.

Cara Ngitung Persen di Excel

Persentase adalah nilai perbandingan, atau yang juga biasa disebut rasio, yang menyatakan pecahan seratus. Pecahan seratus ini biasanya disajikan oleh simbol %. Pada penghitungan persentase, setidaknya diperlukan dua variabel, di mana dua variabel inilah yang nantinya akan dibandingkan. Tanda kedua variabel ini, proses penghitungan tidak akan mungkin dilakukan. Variabel pertama adalah nilai yang dicari dalam persentase, sedangkan variabel kedua adalah nilai perbandingan dari nilai yang hendak dicari.

Lalu, bagaimana cara menghitung persentase di Microsoft Excel? Simak beberapa rumus di bawah ini.

1.      Persentase Proporsi

Persentase proporsi biasanya digunakan saat Anda ingin menghitung perbandingan dari suatu variabel. Misalnya, Anda ingin mengetahui berapa banyak pengunjung laki-laki dan pengunjung perempuan dari jumlah keseluruhan yang datang di kafe Anda. Adapun rumusnya sebagai berikut.

Proporsi= nilai proporsi : rasio pembanding proporsi x 100%

Contoh proporsi laki-laki= jumlah pengunjung laki-laki : jumlah total pengunjung x 100%

2.      Persentase Perubahan

Persentase perubahan biasanya digunakan untuk menunjukkan perbedaan antara nilai sebelum dan sesudah. Misalnya, Anda hendak menghitung persentase perubahan pengunjung kafe Anda selama bulan Juli dan Agustus. Rumus yang perlu Anda masukkan adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  7+ Rekomendasi Laptop Ukuran 11 Inch, Pas ditangan dan dibawa kemana saja

Perubahan= (jumlah saat ini – jumlah sebelumnya) : jumlah sebelumnya

Contoh perubahan= (jumlah bulan Agustus – jumlah bulan Juli) : jumlah bulan Juli

3.      Persentase Perubahan Kenaikan

Persentase perubahan dibagi menjadi dua, yang pertama adalah perubahan kenaikan. Persentase perubahan kenaikan biasanya digunakan untuk menghitung data jika jumlahnya meningkat dari waktu ke waktu. Adapun rumusnya sebagai berikut.

Perubahan kenaikan= (jumlah saat ini – jumlah sebelumnya) : jumlah sebelumnya

4.      Persentase Perubahan Penurunan

Persentase perubahan yang kedua adalah perubahan penurunan. Persentase perubahan penurunan biasanya digunakan untuk menghitung data jika jumlahnya tampak mengalami penurunan atau data yang ditampilkan berkurang. Jangan salah paham karena terdapat beberapa perbedaan yang cukup besar dalam penempatan elemen pada rumusnya. Rumus yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Perubahan penurunan= (jumlah sebelumnya – jumlah saat ini) : jumlah sebelumnya

Cara Lain Menghitung Persentase di Excel

Selain empat cara yang telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa rumus atau cara lain yang bisa digunakan untuk menghitung atau mengolah data, tergantung seperti apa angka pada data tersebut hendak diolah.

1.      Menghitung Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian Persentase

Untuk menghitung persentase penjumlahan, Anda harus memasukkan rumus “= sel angka + sel persen” atau sebaliknya.

Rumus untuk menghitung pengurangan adalah “= sel angka – sel persen” atau sebaliknya.

Rumus untuk menghitung perkalian adalah “= sel angka * sel persen” atau sebaliknya.

Rumus untuk menghitung pembalian adalah “=sel angka / sel persen” atau sebaliknya.

2.      Menghitung Rata-Rata Persen

Pada Excel, Anda juga dapat membandingkan angka tertentu dengan angka lain. Rumus yang perlu dimasukkan adalah “=sel angka * sel angka pembanding”

3.      Menghitung Diskon Persen

Jika Anda hendak menghitung diskon, Anda bisa memasukkan rumus “= sel angka * sel persen”

4.      Menghitung Penjumlahan dengan Persen

Untuk menghitung nilai ini, Anda bisa memasukkan rumus “= sel angka * (1 + sel persen)”

5.      Menghitung Pengurangan dengan Persen

Untuk menghitung nilai ini, Anda bisa memasukkan rumus “= sel angka – sel angka * sel persen”. Sel angka yang dimaksud adalah sel yang sama.

Itulah beberapa cara ngitung persen di Excel yang bisa Anda gunakan. Mungkin awalnya Anda akan merasa bahwa penggunaan aplikasi satu ini sangatlah sulit atau ribet, namun apabila kita paham, software yang satu ini akan banyak membantu kita dalam mengolah data yang diperlukan. Bagi Anda yang ingin mempermudah proses pengolahan data, Anda bisa mempelajarinya mulai dari sekarang. Mungkin Anda belum membutuhkannya saat ini, namun bisa saja Anda memerlukannya di kemudian hari. Semoga bermanfaat dan bisa menambahkan pengetahuan serta informasi baru untuk teman-teman sekalian!

Saya suka menulis. Kebetulan juga saya adalah sales laptop. Semoga info yang saya bagikan bermanfaat untuk semuanya..

Tinggalkan komentar